Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 16 Februari 2012

Piramida di Gunung Sadahurip


Klaim Staf Khusus Presiden bidang Bantuan Sosial dan Bencana Andi Arief bahwa ada bangunan bersejarah berupa piramida berusia ribuan tahun di Gunung Sadahurip Kabupaten Garut terus saja menuai polemik. Arkeolog Bambang Sulistyanto menilai itu hanya sebuah kisah dongeng belaka. Bahkan lebih mengarah pada unsur klenik alias lebih dekat dengan faktor alam gaib dibandingkan dengan kajian ilmiah.

Bambang begitu hakul yakin bahwa wacana bangunan piramida yang katanya lebih tua dari kebudayaan di Mesir hanya berupa isapan jempol saja.

"Dari aspek arkeologi, adanya piramida di Garut tidak masuk akal karena masyarakat kuno di Indonesia tidak mengenal kebudayaan piramida," jelas Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional itu, ketika dihubungi, Kamis (16/2).

Berdasarkan dari teori arkeologi yang dia pahami, kebudayaan Indonesia kuno pada masa prasejarah umumnya berbentuk punden berundak. Sedangkan, pada era Hindu-Budha (klasik) yang dikenal adalah candi.

Ditambahkan, bangunan tertua yang pernah ditemukan dan telah diteliti secara ilmiah di Nusantara adalah candi yang dibangun pada sektiar abad ke-7. Belum pernah ada bangunan kuno yang dibangun oleh nenek moyang kita pada masa sebelum masehi.

Pada masa piramida Mesir dibangun, budaya masyarakat Indonesia masih dalam masa prasejarah. Saat itu kehidupan nenek moyang masih tergantung dari alam.

"Membangun piramida seperti yang ada di padang pasir Mesir tidak pernah dikenal dalam budaya nenek moyang bangsa kita," lanjutnya.

Bambang berkomentar, di lereng barat Gunung Lawu memang ada bangunan suci yang bentuknya mirip piramida yang terpancung atapnya. Namanya Candi Sukuh yang dibangun sekitar abad ke-15 Masehi. Namun, Candi Sukuh sangat berbeda baik fungsi maupun maknanya dengan piramida di Mesir.

Selain itu, dari hasil pengamatan para arkeolog sebelumnya, timpal Bambang, tidak ada bukti fisik pembangunan piramida di sekitar kawasan yang diduga terdapat bangunan berbentuk segitiga tersebut.

"Kalau benar ada piramida, umumnya di sekitar kawasan masih tersisa limbah sisa pembangunan seperti batu bahan bangunan dan alat-alatnya. Dulu pernah dicek dan limbah-limbah itu tidak ada," imbuhnya lagi. 


point blank ; register point blank ; daftar point blank ; download point blank ; cheat point blank ; cheats point blank ; cheat point blank terbaru ; cheat point blank hari ini ; cheat point blank terupdate ; point blank ; point blank cheat ; point blank cheats ; cit point blank ; aplikasi hp ; cerita bokep ; info news ; software gratis

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes