Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 23 April 2013

Pembuatan Titanic II Masuki Babak Baru Fitri Yulianti - Okezone

Kapal Titanic yang tenggelam pada 1912 (Foto: dailymail)

Kapal Titanic yang tenggelam pada 1912 (Foto: dailymail)




CHINA - Rencana pembuatan replika Titanic memasuki babak baru. Setelah diungkap fitur mewah di dalamnya, tersiar kabar bahwa konstruksinya telah dibuat perusahaan asal China.

Titanic II sedang dibangun di CSC Jinling Shipyard Company di Nanjing, China. Pembuatannya didanai oleh pengusaha kaya, Clive Palmer.

Kapal ini akan memakan waktu pembuatan sekira tiga tahun, dan dikonstruksikan dengan dimensi mirip Titanic. Panjangnya akan mencapai 270 meter, tinggi 53 meter, dan berat 40 ribu ton.

Titanic II akan memiliki sembilan lantai, 840 kabin, dan mampu menampung 2.400 penumpang serta 900 kru. Fasilitas di dalamnya, seperti kamar mandi bergaya Turki, kolam renang, gym, dan sebagainya.

Eksteriornya pun dibuat mirip kapal pendahulunya, tapi para tenaga ahli pembuatnya akan menggabungkan teknologi terbaru pada mesin dan perangkat elektronik yang disertakan. Kapal ini juga menerapkan klasifikasi penumpang, kelas pertama, kedua, dan ketiga pada harga tiketnya nanti.

"Sulit membuat replika kapal mewah, tapi Jinling Shipyard memiliki sejarah 60 tahun membuat berbagai jenis kapal berkualitas tinggi," kata Ge Biao, Direktur Jinling Shipyard, kepada Xinhua, seperti dilansir dari Dailymail, Selasa (26/2/2013).

Titanic II diharapkan melakukan pelayaran perdana dari Southampton ke New York pada 2016 di sepanjang rute yang dilewati Titanic. "Kapal replika ini akan dilengkapi teknologi canggih, termasuk sistem penyelamatan penumpang dan sistem komunikasi guna memenuhi persyaratan yang ditetapkan pada perusahaan navigasi modern," ujar juru bicara CSC Jinling Shipyard Company, Li Wenbao.

Pihak perusahaan dilaporkan telah dibanjiri pertanyaan dari calon penumpang. Tiket pelayaran perdana sendiri ditawarkan hingga USD1 juta (640 ribu Poundsterling).

Titanic asli berlayar dari Southampton pada 10 April 1912, dan diprediksikan tidak dapat tenggelam karena merupakan kapal pesiar tercanggih pada saat itu. Namun nyatanya, Titanic menabrak sebuah gunung es di Atlantik pada 14 April 1912 dan tenggelam keesokan harinya hingga menewaskan 1.517 penumpang dan kru kapal. Ide Replika Titanic sendiri dibuat sejak tahun lalu atau saat peringatan seabad tenggelamnya Titanic. 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes